Saturday, October 10, 2009

Opera Cake Perdana



Akhirnya, kesampaian juga untuk bikin opera cake. Aku membeli almond bubuk di Toko Ny Liem Bandung sudah sejak lama tapi baru kali ini ada momen untuk memakainya.

Resep cake diambil dari situs NCC. Sebetulnya ada beberapa pilihan resep internet tapi resep ini yang relatif sederhana dan nggak ribet. Resep2 yang lain panjangnya sampai berhalaman-halaman, ah tidaak! Fokusnya kali ini belajar bikin layer dan finishing yang shiny, variasi rasa menyusul saja.

Tidak ada kesulitan di proses pembuatan base cake. Hanya saja karena aku cuman punya 2 loyang yang identik sementara yang satunya lagi lin ukuran, akhirnya cake harus ditrimming dulu sebelum mulai ditumpuk.

Untuk ganache, aku menggunakan non-dairy cream (bentuk bubuk merek Haan), bukan yang bentuk cair. Soal rasa, ganache-nya top banget, cuman aku masih penasaran karena belum bisa menghasilkan kilap seperti di ganachenya Rina Rinso. Sudah tanya berkali-kali tapi pas giliran bikin sendiri kok kusam ya warnanya. Misteri yang harus dipecahkan :))

Pas selesai ditumpuk, dahiku berkerut. Kok bagian atasnya kusam ya, beda ama di contohnya. Aku coba cari di resep apakah ada minta DCC cair untuk penutup, ternyata nggak ada. Akhirnya aku inisiatif sendiri bikin DCC cair sedikit lalu aku siramkan ke atasnya. Lumayan penampilan agak naik dikit hehe. Nah, sampai di sini aku melakukan sedikit kesalahan. Waktu trimming (motong bagian samping2nya), aku nggak ingat untuk mencelup pisau di air panas. Walhasil waktu pisau aku tekan, coklatnya cracked. Waaaaaaa, jatuh deh penampilannya!

Well, dengan segala kekurangan yang ada cake sampai dengan selamat ke tangan yang berulang tahun. Kebetulan hari itu adalah Batik Day 2 Oktober 2009, jadi seluruh kantor lagi euforia make batik dan berfoto2 sana sini. Si opera kebagian juga satu-dua klik. Nggak ada yang protes masalah penampilan (maklum gretongan jadi suka2 bakul kuenya hehehe). Yang sedikit bikin terharu yang ultah bilang: wah, ini seperti cake yang biasa dibikin (alm.) ibuku kalo ada acara istimewa.


Evaluasi?
1) Punya 3 atau 4 loyang yang identik adalah "harus", karena repot banget menyamakan ketebalan dan sisi2 base cake kalo cetakan loyangnya beda, buang waktu.
2) Ganache harus cukup lembek (seperti nutella) supaya mudah dioleskan ke atas cake. Triknya harus dicari dulu nih.
3) Tambahkan DCC cair untuk disiramkan ke permukaan cake. Ini akan membuat cake jadi mengkilap.
4) Sebaiknya masukkan kulkas dulu sebelum ditrimming supaya cake lebih keras dan mudah diiris.
5) Gunakan pisau yang sudah dicelup di air panas dan dilap kain bersih untuk memotong. Lapisan coklat tidak akan rusak.
6) Karena opera cake ini cukup "berat", potong dalam ukuran kecil untuk disajikan. Bahkan sepotong ukuran 5x5 cm saja terasa mengenyangkan.

Definitely aku akan coba bikin lagi. Tentunya dengan penampilan yang sudah di-upgrade hehe.


Paiton, 10 Oktober 2009
*lg-siap2-sarapan-pecel-bareng-Rizal cs
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...