Friday, March 20, 2009

Bolu Durian

Di Bondowoso lagi musim durian. Raja buah ini banyak dijajakan di sepanjang perjalanan Jember-Bondowoso di gubuk-gubuk bambu semi permanen. Buahnya relatif kecil kalau dibandingkan dengan jenis monthong, daging buahnya juga tidak terlalu tebal, tetapi rasanya manis dengan sedikit rasa asem di belakang (mungkin yang aku beli ini sudah sedikit over ya matangnya).

Tadinya sih cuman mau beli 1 buah dan dimakan di tempat, berhubung kalo beli satu ikat ada diskon, akhirnya jadi beli 3. Sampai di rumah, bingung juga gimana cara menghabiskannya. Suami sekarang sudah pantang makan durian, asisten-asisten nggak ada yang suka, kalo manggil-manggil tetangga duriannya terlalu sedikit. Seperti biasa, kalo mentok mau bikin apa, andalannya ya situsnya NCC, hehe. Nemu resepnya bolu durian.

Dua buah durian menghasilkan daging buah sebanyak 250 gram, pas untuk 1 resep. Dari aslinya, aku modif hanya di bagian lemak (mentega 227 gr spy pas dengan timbangan satu kemasan, kekurangan 23 gram aku ambil dari margarin). Sisanya nurut dengan resep. Daging durian yang dihaluskan masuk ke adonan paling belakang, sebelum loyang tulban masuk ke oven.

Jadinya? Haruuuum ...... Disuguhkan pas ada acara kumpul-kumpul di rumah, kebetulan semua yang datang doyan makan durian. Satu loyang tulban cukup untuk menyuguhi 15 tamu, plus dua iris untuk guru sekolahnya Naomi, plus masih bisa bawa untuk rekan-rekan di kantor keesokan harinya (satu iris jadinya dibagi 2, atas-bawah biar cukup). Heboh pokoknya.

Acara kumpul-kumpul jadi seru karena hasil olahan dari dapur sendiri. Buat yang mau nyoba, aku salin resepnya di bawah ya. (st)


BOLU DURIAN
:: Recipe by Fatmah Bahalwan ::

Bahan:
250 gr Mentega (Orchid unsalted)
250 gr Gula pasir
6 btr Telur utuh
250 gr Tepung terigu
1 sdt Baking powder
1 sdt Soda kue
250 gr Daging durian (bisa diperoleh dari 2 buah durian ukuran M), haluskan.

Cara membuat:
1) Kocok mentega dan gula hingga mengembang pucat, masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok. Setelah rata, matikan mixer.
2) Ayak tepung terigu, baking powder dan soda kue, masukkan ke dalam adonan mentega, aduk balik hingga semua bahan menyatu (pastikan tidak ada mentega yang mengendap -> bikin bantat)
3) Masukkan daging durian halus, aduk rata.
4) Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang telah disemir lemak dan ditaburi sedikit terigu.
5) Panggang dalam oven selama 45 menit suhu 180 °C hingga matang.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...