Tuesday, March 3, 2009

Butter Cake

Butter cake bertekstur padat dan mengenyangkan, sehingga cocok dijadikan "stand alone" cake seperti kue marmer ataupun cupcake. Sangat mudah menghapal bahan-bahan butter cake karena takaran ketiga bahan utamanya (mentega-gula-terigu) sama-sama 250 gram. Perhatikan bahwa karena butter cake tidak menggunakan emulsifier, maka kocokan adonannya tidak bisa kental sekali (jambul petruk) tetapi mengalir seperti pita.

Guruku selalu mengatakan bahwa butter cake adalah cake anti gagal. Beliau sudah mulai membuatnya sejak usia 12 tahun. Aku percaya karena memang sejak pertama mulai pegang mikser, aku belum pernah gagal membuat butter cake. So, kalau Anda pemula di bidang baking, mengapa tidak mencoba membuat cake pertama Anda berdasarkan resep ini? (st)


BUTTER CAKE
:: Sumber: Kursus Dasar NCC ::


Bahan:

8 butir Kuning telor (± 160 gram)
6 butir Putih telor (± 180 gram)
250 gram Mentega
250 gram Gula pasir
250 Tepung terigu protein sedang/ rendah

Cara Membuat:

1) Kocok mentega dan gula hingga pucat dan mengembang. Masukkan kuning telor satu per satu sambil terus dikocok hingga rata.

2) Masukkan terigu dengan cara diayak, aduk rata.

3) Di tempat lain yang kering dan bersih, kocok putih telor hingga hard peak, campurkan pada adonan mentega, aduk balik hingga menjadi adonan yang homogen.

3) Tuang ke dalam loyang tulban / cincin yang telah diolesi lemak & ditaburi sedikit terigu.

4) Panggang pada suhu 180 °C selama 45 menit atau hingga matang.


Catatan:

- Butter cake mudah sekali dimodifikasi menjadi berbagai varian seperti cake tape (tambahkan 400 gram tape yang sudah dihaluskan & 2 sdm SKM), fruit cake (tambahkan 100-200 gram buah-buahan kering), dll.
- Dalam melakukan modifikasi resep, penambahan bahan kering akan mengurangi bahan kering lain, penambahan bahan basah akan mengurangi bahan basah lain.
- Susu cair (jika digunakan) tidak dapat digantikan dengan susu kental manis atau susu bubuk yang diencerkan.

1 comment:

Shirley said...

From: Luluk Gozali
Date: Sat, Mar 7, 2009 at 11:56 PM
Subject: [NCC] (Laporan) Real Breads


Dear NCCers,

Sebelum bobo mau laporan dulu, agak panjang krn sekalian curhat. Saya baru aja selesai baking.. Roti lagiii hehehe. Td "minjem" resepnya ci' Shirley utk dicontek, baking untuk acara besok pagi buat teman2 di tempat kerja. Sekalian tujuan yg lain "mengamalkan" ajaran Ci' Shirley mengenai cara mengisi dan membentuk roti yg baik dan benar (hehehe kedengerannya formil banget yaa). Maksudnya.. Yg ngga asal isi, dibunderin, dipaksa bunder dannn kemudian hasilnya "njebrot", ga karuan bentuknya (apa bhs Indonya njebrot ya?? Thata, ini permisi minjem istilahmu yaa hihihi)

Ok.. Pengakuan saya, roti ini dibuat dengan penuh perjuangan. Tadi wkt diuleni mas Bosch lha kok agak lengket2, ga mau kalis, kayanya kebanyakan air. Dlm resep ci' Shirley (roti manis-dapur Solia. Blogspot) sebenernya udah diperingatkan utk ngurangin airnya tapi dasar sayanya ndableg, liat adonan kok "kaya"nya masih kering, saya tuang lah semua sesuai ukuran di resep (Oh ya Ci' saya dgn PeDe lgs bikin e resep lhoo hehehe). Jdnya agak lengket2, ya udah terpaksa saya "turun tangan", beneran nguleni lanjutan dgn tangan, nambah sedikit tepung, mengamalkan ajaran pak Ricky ttg cara nguleni yg kaya nyuci baju pake tangan (Thanks ya Pak Ricky). Akhirnya adonan kalis :) sdh itu lanjut dengan proofing pertama 20 menit dan berhasil mengembang dengan indah!! Hehehe seneng donkk.. Yak! Saya lanjut dgn adegan menimbang dan rounding (saya tdk pake proofing kedua Ci' dah malem soale) dibantu 2 asisten dapur. Saya bagian ngisi. Utk isian saya siapkan : sosis, keju cheddar parut, DCC serut dan ham kaleng. Ternyata dgn cara yg diajarkan ci' Shirley, berhasil lho Ci' saya bentuk bulet2nya hehehehe. Setelah itu saya tunggu proofing yg kedua.. Lhaa!! Kok waktu mau nyalain oven, ovennya ngowos dari regulatornya (apa ya bhs Indonya? Kaya bocor gt lhoo gasnya..) Alhasil oven ga mau nyala :(((( langsung deh senewen!!! Liat adonan dah ngembang sengembang- ngembangnya.. Langsung kepikiran over fermented HUUAAA! Pengen jerit aja rasanya.. Suami langsung kena panic attack jg, nyari regulator baru di toko, ngga dapet :(( wuaaa! Saya sempet kepikiran, pasti kebuang deh rotiku kali ini.. Hiks hiks padahal liat bentuknya dah bagus2.. Tapi akhirnya suami berhasil nelponin tukang yg biasa serabutan di rmh. Tapi udah terlanjur senewen, saking senewennya sampe Vivi Liong yg ngirim messenger jd korban curhat saya hehehe... Untung Vivi sabaarr, dia yg nenangin saya sambil tukang mereparasi Thank you Vi ;)

Akhirnya.. (jangan tidur dulu.. Ini dah mau selesai kok curhatnya ;p) berhasil!! Si tukang berhasil mereparasi regulator dan roti saya jg berhasil di oven dengan suksesnya!!!!--> eh, ini termasuk roti yg sukses kan, NCCers??

So.. This Real Breads is dedicated to.. Ci' Shirley, Vivi Liong, my hubby and last but not least pak tukang!! Wahh ya iya lahhh tanpa pak Tukang, apa jadinya perjuangan saya?? Heheehe. So.. Saya happy berat nihhh!! Sampe rasanya kalo tidur ntar pasti mimpi
Roti lagi hahahaha

Happy Long Weekend NCCers,
Luluk

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...