Saturday, December 8, 2012

Classic Black Forest

Kastamer ini suka coba-coba produk kuliner walaupun tidak sedang merayakan sebuah event. Kali ini beliau ingin mencoba black forest klasik, dengan serutan coklat dan cherry.
Black Forest

Dan syukurlah beliau suka *angkat-putar2-dua-jempol-di-atas-kepala. Terima kasih orderannya ya.
Black Forest 

 Paiton, 9 Desember 2012

Bolen Pisang Bandung (dengan resep)

Bolen Pisang Bandung

Sudah tiga kali bikin bolen pisang Bandung ini. Perasaan sih makin lama makin enak cuman tetap belum bisa seragam melipat kulitnya. Jadinya tiap potong bolen pisangnya kayak busana Lady Gaga. Huhu, maksud elo? Maksudnya tiap potongnya unik alias lain-lain semua hahaha.

Untuk bikin bolen pisang ini, sebaiknya dilakukan di ruangan yang tidak terlalu panas / pengap / lembab. Sebagaimana lazimnya membuat pastry, kondisi optimum adalah di tempat sejuk. Jika adonan terlalu lembek, masukkan ke freezer untuk beberapa waktu.

Well, without further ado, let's welcome the delicious banana pastry, a.k.a. Bolen Pisang Bandung.

N.B. Pssttt, jangan ketuker dengan molen pisang ya, itu lain resep. (st)

Bolen Pisang Bandung 
:: Resep: Femina - Primarasa, modified by Shirley
Bolen Pisang Bandung
Bahan: 
Adonan Kulit A:
100 gram  Tepung terigu protein sedang / serbaguna
1 sdm  Minyak goreng
30 gram  Margarin
50 gram  Butter / Mentega
100 ml  Air
Catatan: Margarin atau mentega bisa disubstitusi dengan korsvet kualitas baik

Adonan Kulit B:
300 gram  Tepung terigu protein tinggi
50 gram  Gula pasir
2 sdm  Tepung custard
100 gram  Margarin
Catatan: Tepung custard adalah tepung instant untuk membuat custard, terbuat dari susu dan kuning telur. Aku pakai merk Hercules.

Isi: 
10 buah  Pisang raja, kukus atau panaskan di wajan teflon dengan sedikit margarin, potong 2 melintang, belah 2 memanjang (aku suka pakai yang sudah matang dan manis, tidak diolah langsung dipotong2)
150 gram  Keju cheddar, potong memanjang menjadi 20 bagian
Optional: mesyes coklat secukupnya

Olesan / Eggwash: 
2 buah  Kuning telur, kocok dengan
2 sdm  Susu cair
Catatan:  rasa lebih enak dan penampilan lebih cantik jika susu cair diganti dengan madu

Cara Membuat: 
1. Adonan Kulit A.  Campur jadi satu: tepung terigu, minyak goreng, margarin dan mentega dalam wadah, aduk dengan menggunakan sendok kayu hingga rata. Bagi adonan menjadi 20 bagian, sisihkan.

2. Adonan Kulit B.  Campur tepung terigu, gula pasir, tepung custard, margarin dan air dalam wadah. Uleni adonan hingga kalis. Bagi adonan menjadi 20 bagian.

3. Letakkan 1 bagian adonan B di atas talenan, gilas tipis. Setelah itu, taruh 1 bagian adonan A di atasnya. Lipat adonan B hingga menutupi adonan A, kemudian gilas tipis hingga berbentuk persegi panjang.

3a. Shirley's note: aku  merasa cara ini (membagi adonan menjadi 20 buah) sangat merepotkan. Karena itu tekniknya aku ubah menyerupai teknik melipat puff pastry. Adonan A digilas, let's say 20 x 30 cm, kemudian adonan B digilas dengan ukuran 1½ kalinya, let's say 30 x 30 cm. Tumpuk adonan A di atas adonan B, lipat, kunci pinggir-pinggirnya supaya lemaknya tidak bocor, baru digilas. Jika menjadi terlalu lembek, masukkan ke freezer untuk beberapa waktu, baru digilas dan dilipat lagi.

4. Gulung adonan dari sisi yang pendek, gilas, gulung lagi. Ulangi proses ini hingga 3 kali.

5. Lakukan hingga semua bahan habis, diamkan ± 30 menit.

5a. Shirley's note: jika adonan dijadikan satu lipatan besar (lihat step 3a), potong2 menjadi 20 bagian.

6. Panaskan oven pada suhu 180ÂșC. Olesi loyang ukuran 3x15x30 cm dengan margarin.

7. Ambil satu adonan, gilas hingga berbentuk persegi panjang sama sisi. Taruh sepotong pisang dan sepotong keju di atasnya, taburi dengan sedikit mesyes coklay (optional) lalu tutup dengan 1 belahan pisang lagi. Lipat adonan kulit hingga berbentuk amplop. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan.

8. Taruh adonan berisi pisang dalam loyang, atur dengan jarak ± 1cm. Olesi permukaannya dengan kuning telur. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang di suhu 175 °C selama ± 60 menit, angkat.

9. Keluarkan loyang dari oven, olesi permukaan kue dengan bahan eggwash, diamkan sebentar, panggang kembali dalam oven dengan menggunakan api atas sebentar supaya permukaannya menjadi kuning emas, angkat.

Hasil jadi: 20 buah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...