Sunday, October 14, 2012

Hello Kitty Rainbow Cake for Vanda

Pesanan dari Mbak Dewi untuk si mungil yang cantik: Vanda. Temanya Hello Kitty, base cakenya rainbow cake.

Hello Kitty Cake for Vanda 

Tidak terasa sekarang sudah ultah yang ke-4 ya.
 Hello Kitty Cake for Vanda

Makasih orderannya ya Mbak. Vanda, happy 4th birthday *peluk-peluk
Hello Kitty Cake for Vanda

Paiton, 14 Oktober 2012

Saturday, October 13, 2012

Chocolate Modelling

Untuk memperoleh cake yang tampil cantik, cake decorator kerap mempergunakan fondant untuk dibentuk-bentuk dan diletakkan di bagian-bagian tertentu dari kreasinya. Memang fondant cukup fleksibel dalam hal ini namun tidak cukup fleksibel jika digunakan pada cake yang memiliki sifat basah dan harus disimpan di dalam pendingin (chilled cake). Mengapa? Karena fondant menyerap kelembaban dan akan letoy jika basah.

Sebagai alternatifnya, kita bisa membuat chocolate modelling. Secara rasa lebih enak dari fondant, bisa dimasukkan ke dalam kulkas, dan juga bisa dibentuk-bentuk walaupun handlingnya tidak semudah fondant. Chocolate modelling cenderung mudah lembek saat dipegang tangan, jadi kudu sering2 dimasukkan ke kulkas supaya kembali keras, seperti sifat coklat pada umumnya.

Orderanku minggu lalu banyak menggunakan chocolate modelling karena base cakenya adalah black forest. Aku repost fotonya di bawah ini (different angle dari foto di posting aslinya).

Black Forest with Chocolatey Roses

Ada 3 tingkatan merah yang aku pakai di cake tersebut: baby pink, shocking pink dan red. Warna baby pink aku buat di awal proses, yaitu ketika mencairkan white compound chocolate (coklat putih) dengan coklat warna merah. Warna shocking pink dan merah aku buat dengan cara sedikit berbeda, yaitu dengan mencampur chocolate modelling yang sudah "jadi" dengan bahan pewarna makanan. Cara yang kedua sedikit lebih berat karena chocolate modelling yang sudah jadi agak keras dan pewarna tidak mudah bercampur rata. Resep untuk membuat chocolate modelling yang aku pakai sudah cukup luas beredar di internet, thanks to Mbak Peni Respati. Trims sharingnya ya Mbak. (st)


CHOCOLATE MODELLING
:: Dipopulerkan oleh Peni Respati

Bahan-bahan:
1 kg  Cokelat compound (bisa DCC/ WCC/ MCC/ cokelat warna)
300 gram  Glukosa / glucose (bentuknya mirip simple syrup namun sangat kental dan lengket, dapat dibeli di TBK berskala besar)
25 gram  Air matang
Catatan: aku membuat 1/2 resep dan hasilnya cukup banyak untuk mendekor 2 buah cake bulat ukuran 24 - 26 cm

Cara  membuat:
- Lelehkan cokelat compound (aku melakukannya dengan cara mencincang coklat dan memanaskan di microwave selama 1 sampai 1,5 menit -- tidak secara terus menerus untuk menghindari gula hangus dan menggumpal. Tentu saja ada lebih dari 1 cara untuk mencairkan coklat, you name it).
-  Campur air dengan glukosa hingga merata
- Saat coklat masih hangat dan cair, tuangkan campuran glukosa dan air ke dalam cokelat sambil diaduk cepat menggunakan sendok kayu. Saat sudah rata, cokelat akan menggumpal
- Uleni dengan tangan hingga minyak keluar dari padatan. Pisahkan / buang minyak ini    
- Uleni berulang2 hingga minyaknya habis
- Kemas dalam kantung plastik (aku menggunakan plastic wrap)
- Peram di kamar yang bersuhu rendah (aku menggunakan kulkas / chiller)
- Cokelat modelling siap digunakan / dibentuk2

Tips & trick:
- Karena chocolate modelling mudah lengket saat terekspos ke tangan, sebaiknya minimalkan kontak dengan bahan ini. Aku menggunakan sebuah pisau untuk mengiris segumpal kecil setiap kali diperlukan. 
- Tidak perlu menggunakan maizena saat membentuk chocolate modelling, karena akan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan


Paiton, 13 Oktober 2012

   

Black Forest with Roses for Agatha

Pak Dokter yang memesan ini menemukan Dapur Solia melalui Irene Banyuwangi, salah seorang teman milis. Waktu beliau bilang alamatnya di Asembagus, waduh! Sejujurnya agak trauma dengan kata "Asembagus" karena dulu hubby pernah menempuh perjalanan 180 km (pulang pergi) ke tempat ini. Jauuhhh. Namun karena beliau menyanggupi untuk mengambil sendiri cakenya, aku pun menyetujui untuk memenuhi pesanan ini. Cake yang dipesan adalah black forest dengan hiasan bunga2an. Beliau menginginkan bunga2an tidak dibuat dari buttercream melainkan dari coklat. Aku tawarkan dekor menggunakan chocolate modelling dan beliau setuju. Dan beginilah jadinya.
Black Forest with Chocolatey Roses

Happy birthday, Agatha. Terima kasih orderannya, Pak Hendra. Semoga acaranya berjalan lancar.

Paiton, 13 Oktober 2012

Thursday, October 11, 2012

Rainbow Cake with Cutie Pink Roses for Nadia / Icha

Orderan dari tetangga komplek untuk ultah kedua puterinya: Nadia dan Icha. Rainbow Cake for Nadia / Icha 

Terima kasih untuk pesanannya ya Bu Edy. Rainbow Cake for Nadia / Icha 
Paiton, 11 September 2012

Wednesday, October 10, 2012

Puding Cake Coklat Motif

Salah satu kastamer minta dibuatkan puding cake. Nemu situs ini dan sukaaa dengan foto pudingnya. Gambling bahwa ini akan menjadi dannn .... memang enak.

Pada prinsipnya puding cake ini terdiri dari 3 layer:
(1) selembar sponge cake coklat bentuk kotak,
(2) satu resep puding busa rasa coklat pekat (ini yang bikin enak),
(2a) sebagian kecil dari puding busa coklat dikeraskan di piring untuk dikeruk -- ini akan jadi motif di layer terakhir,
(3) puding susu yang dituang beberapa kali, setiap kali puding coklat dari 2a dicemplungkan di dalamnya.

Untuk kerukan puding coklat / motif, aku pake sendok makan biasa. Jadinya besar-besar dan kurang artistik, tidak seperti contohnya yang rapi dengan pinggiran bergerigi. Mungkin kalau dipotong dengan cookie cutter bergerigi hasilnya akan lebih cantik.

Modifikasi yang aku lakukan di resep ini antara lain:
- untuk cake aku pake resep black forestnya NCC. Mengapa? Karena dari baking sebelumnya aku punya kelebihan satu loyang (pemalasan hehe)
-  untuk loyang aku pakai ukuran 18 x 18 cm x tinggi 7 cm. Hasilnya pas satu loyang full berisi puding cake yang tinggi, cocok dipotong2 seukuran lapis surabaya potong
- untuk puding susu, aku mengganti sebagian kecil susu dengan air putih. Mengapa? Karena kehabisan susu cair hehe. Saranku tetap gunakan 100% susu, pastinya lebih enak dan milky.
- supaya puding susu lebih kenyal, aku menambahkan 1/2 sendok teh (± 3 gram) gelamix (bukan gelatin ya). Ini optional saja, boleh diskip.

Penilaian resep? Highly recommended dessert. (st)

PUDING CAKE COKLAT MOTIF
:: Sumber: www.sajiansedap.com ::

Puding Cake Coklat Motif

Bahan-bahan:
Bahan Cake: 
3 butir Telur (utuh)
75 gram Gula pasir
1 sdt Emulsifier
50 gram Tepung terigu protein sedang
25 gram Cokelat bubuk
½ sdt Baking powder 50 gram margarin, dilelehkan

Bahan Puding I:
400 ml Susu cair
25 gram Gula pasir
25 gram Cokelat bubuk
1 bungkus Agar-agar bubuk
100 gram Cokelat masak pekat, dipotong-potong
3 buah  Putih telur (setara 90 gram)
1/8 sdt Garam
60 gram  Gula pasir

Bahan II: 
1200 ml  Susu cair
200 gram Gula pasir
1½ bungkus Agar-agar bubuk
2 buah  Kuning telur (setara 40 gram)
¼ sdt  Esens vanila

Cara Pengolahan: 
1) Cake: kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
2) Masukkan margarin leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
3) Tuang di loyang 22x22x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
4) Oven 25 menit dengan suhu 190 derajat Celsius sampai matang.
5) Potong cake dengan ukuran 20x20x1 cm. Masukkan dalam loyang 20x20x7 cm yang dialas plastik. Sisihkan.
6) Puding I: rebus susu cair, gula pasir, cokelat bubuk, dan agar-agar sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan potongan cokelat masak pekat. Aduk sampai larut. Sisihkan.
7) Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
8) Masukkan rebusan susu sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan. Tuang setengah bagian adonan di atas cake. Biarkan setengah beku.
9) Tuang sisa puding I dalam mangkuk. Bekukan.
10) Keruk puding I yang dimangkuk dengan sendok tipis-tipis. Sisihkan.
11) Puding II: rebus susu cair, gula pasir, dan agar-agar sambil diaduk sampai mendidih. Matikan api.
12) Ambil sedikit adonan. Tambahkan ke kuning telur. Aduk rata.Tuang campuran tadi ke rebusan susu sambil diaduk sampai rata. Nyalakan api. Aduk sampai mendidih lagi. Tambahkan esens vanila. Aduk rata.
13) Tuang selapis di atas puding I. Tata sendokan puding I. Biarkan setengah beku. Tuang lagi dengan puding II. Lakukan bergantian sampai adonan habis. Bekukan.

Untuk 16 potong

Paiton, 11 September 2012
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...