Saturday, July 30, 2011

KBB # 24: Rich Chocolate Tart

Rich Chocolate Tart
Setelah terpaksa dua kali skip dari tantangan KBB karena berbagai alasan, aku membulatkan tekad untuk menyelesaikan tantangan KBB yang ke-24 ini dengan baik. Temanya: "Rich Chocolate Tart". Demi mendapatkan rasa yang istimewa, aku bahkan mengeluarkan harta karunku, yaitu coklat impor 62% (meskipun untuk kekurangan 50 gramnya akhirnya aku campur juga dengan DCC Collata). Tidak semewah Valrhona tetapi cukup memberikan sensasi beda dari coklat yang biasa kupakai sehari-hari.
Rich Chocolate Tart
Dark Cacao
Dark Cacao
Tidak ada kesulitan yang berarti dalam persiapannya. Aku sempat putar otak bagaimana caranya memasukkan pastry ke cetakannya tanpa membuat adonan pastry tercabik-cabik. Akhirnya asisten mencoba menyisipkan tatakan cake ke bawah plastik yang kujadikan alas mengadon pastry lalu membaliknya ke atas cetakan. Ide ini berhasil dengan baik.
Chocolate Pie
Ketika mencicipi adonan filling, aku sempat merasa ada yang kurang. Rasanya monoton manis dan coklat. Akhirnya adonan filling ini aku campuri dengan kacang tanah panggang yang diblender kasar dan remukan kacang almond. Rasanya menjadi jauh lebih enak, ada sensasi gurih dan klethis-klethis. Hanya saja adonan filling menjadi berlebih dan meluap ketika dimasukkan ke kulitnya.
Rich Chocolate Tart
Setelah berbulan-bulan melulu membuat cake untuk dijual, ada kepuasan tersendiri membuat dessert ini. Baking for the sake of baking. A real pleasure.
Rich Chocolate Tart
Rich chocolate tart ini mengubah pandanganku tentang coklat. Sebelumnya aku menganggap coklat adalah bahan berasa manis yang cukup dimakan beberapa gigitan saja (aku punya riwayat amandel, mengkonsumsi makanan manis berlebihan membawa efek yang menyakitkan bagi tenggorokan). Dessert ini lebih berasa coklat yang agak pahit namun memberi sensasi yang menyenangkan.  
Tasting

Untuk yang ingin mencoba, berikut resep asli dan modifikasiku ya. (st)

RICH CHOCOLATE TART
:: Sumber: Best Food: Desserts.
The Australian Women Weekly ::
Rich Chocolate Tart

PASTRY
Bahan:
185 gram  Tepung terigu (protein rendah)
25 gram  Coklat bubuk
55 gram  Icing sugar mixture (gula halus)
150 gram  Mentega dingin, cincang
2 buah  Kuning telur
1 sdt  Air dingin

Cara Membuat:
Campur tepung, bubuk coklat, gula dan mentega di dalam mangkuk food processor (aku pake blender dibantu spatula), lalu proses hingga tercampur rata. Masukkan kuning telur dan air, proses lagi hingga menggumpal. Uleni adonan hingga lembut. Tutup menggunakan plastik, dinginkan di kulkas selama 30 menit.
Blender
Panaskan oven, suhu sedang (moderate).

Giling adonan [astry hingga cukup lebar untuk memuat loyang tart bongkar pasang ukuran 24 cm (aku pake diameter 22 cm) yang sudah diolesi mentega hingga ke sisi-sisinya. Letakkan pastry ke dalam loyang, tekan2 ke sisi2nya lalu ratakan pinggirnya. Tutup, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Tutup pastry dengan baking paper, isi dengan kacang2an kering atau beras, letakkan di atas loyang oven. Panggang tanpa ditutup selama 15 menit. Keluarkan kertas dan kacang2an / beras, panggang lagi 10 menit hingga sedang kecoklatan. Dinginkan.
Baking the Pie

CHOCOLATE FILLING
Bahan:
4 buah  Kuning telur
2 buah  Telur utuh
55 gram  Gula caster (aku pake gula pasir yang diblender)
80ml  Krim kental
300 gram  DCC, lelehkan
1 sdt  Ekstrak vanilla
Modifku:
30 gram  Kacang tanah, oven 10 menit di suhu 150 °C, blender kasar
20 gram  Kacang almond diremukkan

Bahan:
Setelah pastry selesai, lalu turunkan panas oven hingga rendah (moderately slow).

Kocok kuning telur, telur dan gula caster  di dalam mangkuk kecil dengan mixer hingga kental dan creamy. Masukkan krim, coklat dan ekstrak vanilla. Tuang adonan coklat ke dalam pastry yang sudah dipanggang. Panggang selama 30 menit atau hingga filling matang / set. Dinginkan selama 10 menit. Jika suka taburi dengan ekstra coklat bubuk (aku skip yang ini karena di bagian atas sudah aku beri beberapa keping almond panggang). Hidangkan.
Rich Chocolate Tart

Untuk 10 porsi
Loyang: loyang pie bongkar pasang ukuran  24 cm
Suhu panggang: 170 °C untuk kulit, 150 °C untuk filling

** Di sela-sela tantangan KBB # 24 ini, ada berita duka yang datang dari Mbak Arfi Binsted. Ayahanda tercinta meninggal dunia setelah menderita sakit beberapa lama. Ikut belasungkawa ya Mbak Arfi.

Update 2 Agustus 2011:
Cihuy, udah turun nih logo lulusnya. Makasih ya Mbak Rita Desyanti, Mbak Ade dan Mbak Arfi. 

Link: Klub Berani Baking: Round Up KBB#24: Rich Chocolate Tart



Paiton, 30 Juli 2011

Monday, July 25, 2011

PRICE LIST 2011 - Dapur Solia

A. CAKE INTERNASIONAL POPULER

BLACK FOREST
Bulat 20 cm - Rp 200rb
Bulat 26 cm - Rp 280rb
Bulat 30 cm - Rp 375rb

Kotak 20 x 20 cm - Rp 215rb
Kotak 25 x 20 cm - Rp 260rb
Kotak 26 x 26 cm - Rp 350rb
Kotak 35 x 25 cm - Rp 470rb

Pilihan cake internasional populer yang lain:
- Tiramisu
- White Forest
- Mocca Forest
- Triple Chocolate Caramel Cake
- Strawberry Cheese Cake
- Mix Fruit Cheese Cake
- African Gateau
Harga sama.

* Khusus tiramisu, pemesanan harus diberitahukan 10 hari di depan karena bahan baku utamanya (mascarpone cheese) tidak selalu tersedia.


B. CAKE HIAS BUTTERCREAM
Buttercream dibuat dengan resep dan bahan spesial sehingga menghasilkan BC yang ringan, lembut dan tidak eneg. Harga di bawah sudah termasuk cake, buttercream, tatakan dan kotak standar. Harga di bawah ini belum termasuk topper (mainan, lilin, hiasan khusus, pita, kotak cantik dll).

B1. SPIKU (LAPIS SURABAYA)
Menggunakan resep kuno yang menghasilkan lapsur yang empuk dan tidak seret.

Bulat 18 cm - mulai dari Rp 180rb (21y)
Bulat 20 cm - mulai dari Rp 205rb (24y)
Bulat 22 cm - mulai dari Rp 235rb (30y)
Bulat 24 cm - mulai dari Rp 275rb (36y)
Bulat 30 cm - mulai dari Rp 450rb (60y)

Kotak 20 x 20 cm - mulai dari Rp 235rb (30y)
Kotak 25 x 20 cm - mulai dari Rp 310rb (40y)
Kotak 26 x 26 cm - mulai dari Rp 400rb (54y)
Kotak 35 x 25 cm - mulai dari Rp 500rb (70y)

B2. BROWNIES KUKUS COKLAT
Tersedia dalam satu rasa: coklat pekat.
Boleh diganti dengan sponge cake atau buttercake atau cotton cake rasa vanilla (kuning), coklat, strawberry, lemon atau pandan.

Bulat 18 cm - mulai dari Rp 165rb (21y)
Bulat 20 cm - mulai dari Rp 185rb (24y)
Bulat 22 cm - mulai dari Rp 205rb (30y)
Bulat 24 cm - mulai dari Rp 235rb (36y)
Bulat 30 cm - mulai dari Rp 340rb (60y)

Kotak 20 x 20 cm - mulai dari Rp 205rb
Kotak 25 x 20 cm - mulai dari Rp 230rb
Kotak 26 x 26 cm - mulai dari Rp 300rb
Kotak 35 x 25 cm - mulai dari Rp 385rb

C. CAKE HIAS FONDANT (PLASTIC ICING)
Rolled fondant atau plastic icing adalah adonan gula yang bisa dibentuk menjadi hiasan 2 (posisi horizontal / tidur) atau 3 dimensi (posisi vertical / tegak). Harga sudah termasuk cake, cover fondant, tatakan dan kotak standar. Harga di bawah ini belum termasuk topper (figurine / mainan, lilin, hiasan khusus, pita, kotak cantik dll).

Hiasan 2 dimensi = mulai dari Rp 5rb per buah
Hiasan 3 dimensi = mulai dari
Rp 15rb per buah

C1. SPIKU (LAPIS SURABAYA)
Bulat 18 cm - mulai dari Rp 305rb (21y)
Bulat 20 cm - mulai dari Rp 350rb (24y)
Bulat 22 cm - mulai dari Rp 400rb (30y)
Bulat 24 cm - mulai dari Rp 470rb (36y)
Bulat 30 cm - mulai dari Rp 765rb (60y)

Kotak 20 x 20 cm - mulai dari Rp 400rb (30y)
Kotak 25 x 20 cm - mulai dari Rp 525rb (40y)
Kotak 26 x 26 cm - mulai dari Rp 680rb (54y)
Kotak 35 x 25 cm - mulai dari Rp 850rb (7

C2. BROWNIES KUKUS COKLAT
Tersedia dalam satu rasa: coklat pekat.
Boleh diganti dengan buttercake atau fruit cake. Sponge cake / cotton cake tidak direkomendasikan karena sulitnya handling.

Bulat 18 cm - mulai dari Rp 280rb (21y)
Bulat 20 cm - mulai dari Rp 305rb
Bulat 22 cm - mulai dari Rp 350rb (30y)
Bulat 24 cm - mulai dari Rp 400rb (36y)
Bulat 30 cm - mulai dari Rp 580rb (60y)

Kotak 20 x 20 cm - mulai dari Rp 350rb
Kotak 25 x 20 cm - mulai dari Rp 390rb
Kotak 26 x 26 cm - mulai dari Rp 510rb
Kotak 35 x 25 cm - mulai dari Rp 650rb

TAMBAHAN:
- Edible image: mulai harga Rp 55rb per lembar (di luar ongkos kirim dari pemasok)
- Dus mika: sesuai ukuran, akan ditawarkan terpisah


D. KUE TAMPAH
Tampah berisi aneka jajanan yang ditata secara cantik.

Tersedia dalam 3 ukuran:
Tampah Kecil      isi   60 pcs - Rp 140,000
Tampah Sedang isi 100 pcs - Rp 220,000
Tampah Besar    isi 120 pcs - Rp 260,000

Jenis jajanan yang ditawarkan: kue mangkok, kue lumpur, talam ebi, brokus coklat, mini black forest, sosis solo, risoles, kroket kentang, puding mini, lapis beras, kue soes, dll. 

SYARAT DAN KETENTUAN PEMESANAN:
1) Selamat datang di Dapur Solia. Kami melayani pembuatan cake dan melayani pengiriman ke daerah Probolinggo, Situbondo dan sekitarnya. Cantumkan alamat pengiriman untuk memudahkan penghitungan ongkos kirim.
2) Pemesanan sebaiknya dilakukan 1 minggu di depan. Rush order menyulitkan penyediaan bahan dan dapat dikenakan ongkos tambahan.
3) Tentukan pesanan Anda (rasa, ukuran, jumlah, bahan dan desain, kemasan khusus --- jika diperlukan dan tanggal pengiriman). Kirim detil tersebut via sms atau email ke 0811354270 (Shirley) atau dapur.solia@gmail.com. Demi memudahkan pelacakan, kastamer yang menghubungi via telepon akan kami minta memberi konfirmasi via email.
4) Setelah memperoleh konfirmasi harga, silakan melakukan pembayaran via BCA atau Mandiri. Lihat informasi rekening di bagian lain blog ini. Setelah melakukan pembayaran, mohon menginformasikan via sms atau email.
5) Kastamer boleh membawa topper / mainan sendiri.
6) Order yang kami layani adalah yang telah dibayar maksimum 3 hari sebelum hari pengiriman. Jika pembayaran tidak dilakukan melewati batas waktu yang disepakati, kami berhak melakukan pembatalan order.
7) Setelah kami melakukan pengantaran, kami akan mengirimkan foto pesanan Anda via email (berlaku jika pelanggan tidak berkesempatan melihat sendiri kue yang dipesan)

8) Kami sangat senang jika Anda memberikan umpan balik terhadap order yang kami buat. Segala saran dan kritik akan kami terima dengan lapang dada.
9) Terima kasih sudah mengunjungi dan berbelanja di Dapur Solia.

Salam
Shirley
Email: dapur.solia@gmail.com
HP: 0811354270
Pin BB: by request

Friday, July 22, 2011

WELKOM to Bazaar Tempo Doeloe Paiton (26 & 27 Juli 2011)

Djika tidak ada aral melintang, Dapur Solia akan berpartisipasi memeriahkan atjara berikoet.

Bazaar Tempo Doeloe
Hari : Selasa dan Raboe
Tanggal: 26 dan 27 Joeli 2011
Waktoe: 18.00 sampai habis
Bertempat di Lapangan Bola Peroemahan 
PT YTL Jawa Timur

Atjara ini diadaken oentoek memeriahken dirgahajoe kemerdekaan Repoeblik Indonesia jang ke-66 tahoen.

 
Dapur Solia akan menjediakan roti marjam lekker, aneka coepcake, jajanan pasar, minoeman, kopi toebroek, cokelat lolipop, koekis hias, roti-rotian yang bakal bikin lidah jij bergojang. 
Djadi djangan ketinggalan ja.

Oentoek pemesanan di depan, sila sms ikke (Shirley) di 081 135 4270. Djangan sampai kehabisan ataoe jij bisa menjesal.

Paiton, 22 Djoeli 2011
 

Cheddar Cheese Cake untuk Lamaran

Kue ini dipesan dari Jombang untuk acara lamaran + pernikahan di awal bulan Juli ini. Kalau tidak salah yang mesan kenal Dapur Solia via kerabatnya yang tinggal di Paiton. Permintaannya cheddar cheese cake, dekor pagar coklat dan topping buah segar.
Cake Lamaran

Berhubung cake ini menggunakan banyak krim dan rawan meleleh pada suhu ruangan, aku inapkan dulu cakenya semalaman supaya "set" / kokoh benar. Kirimnya pagi2 sekali, berbarengan dengan rencana weekend ke Surabaya.

Semoga acaranya berjalan lancar ya.

Paiton, 22 Juli 2011

Friday, July 8, 2011

Kue Tampah

Pernah dengar "kue tampah"? Itu adalah kumpulan jajan / snack yang disusun cantik di atas tampah (alat untuk menampi beras) atau mika bentuk baki. Biasanya ukuran per buahnya lebih kecil daripada isian snack box. Warnanya diatur sedemikian rupa supaya cantik dan serasi sehingga layak dijadikan hantaran lamaran, arisan maupun untuk coffee break.
Kue Tampah

Ini adalah orderan kue tampah pertamaku. Setelah konsultasi garis besarnya dengan Cik Yuli dan BuCit, aku pun buka harga ke calon pelanggan. Ternyata proposal disetujui. Tanya2 lagi ke teman2 mengenai manajemen waktu. Ternyata kue tampah ini termasuk tipe proyek roro jonggrang, maksudnya nggak bisa dicicil dan harus dibuat dadakan. Sempat keringat dingin juga sih. Setelah rundingan dengan orang rumah, akhirnya sepakat dikerjakan malam dan subuh mulai pukul 3. Satu tampah isi 6 macam: kue lumpur, lapis beras, kue mangkok, mini black forest, talam ebi dan soes ragout. Satu tampah ukuran 40cm ini diisi 70 buah snack.

Berhubung ini proyek pertama, adalah kekurangan di sana sini. Hiasan daun pisang sempat dibongkar dan dibuatkan baru karena yang batch pertama layu dan kurang rapi (melipat daun pisang nggak usah pake acara "menyetrika" daun supaya daun tetap segar dan cantik meski dibiarkan semalaman). Setelah diulang ternyata memang jadinya lebih ok -- thanks to hubby yang sudah bantu prakarya pagi-pagi buta. Kue mangkoknya kurang mekrok, sepertinya kurang cairan (terlalu banyak cairan yang menguap waktu mencairkan gula pasir, plus adonan di cetakan kurang penuh). Talam ebinya kurang asin dikiiiiit (ketutup sih dengan rasa ebinya, tapi kalo dimakan tanpa topping jadi kurang nendang). Kue lumpur panggangan pertama bawahnya terlalu hitam, untunglah yang berikutnya lancar jaya. Lapis beras ok (ternyata bikinnya gampang, mirip dengan dagangan ibuku "pepe tapioka". Tiap lapisannya dikukus sebentar saja -- asal keras, supaya lapisan tidak terlalu kering, keras dan misah. Mirip kayak bikin puding berlayer). Soes ragout dan mini black forest nggak masalah karena sudah sering bikin.

Dipikir2 bikin jajan tradisional ini nggak ribet kok. Bahan2nya mudah didapat seperti santan, tepung beras, gula. Satu kali ngukus dengan klakat, bisa 3 macam kue masuk secara paralel. Cuman ya itu. Harus dadakan. Jadi harus belajar manajemen waktu kalo nggak kepengen stress. Aku memilih menggunakan santan cair olahan upaya kuenya tidak mudah basi. Tadinya mau pake Kara tapi ternyata nggak masuk budget, akhirnya aku beralih ke santan dari label Carrefour. Ternyata ok.

Senang sekali bikin orderan kue tampah ini. Semoga dapat kesempatan bikin kayak gini lagi.

Catatan: buat yang mau order, berikut pilihannya ya.

- Ukuran kecil - isi 70 buah
- Ukuran sedang - isi 100 buah
- Ukuran besar - isi 120 buah

Harga menyesuaikan pada waktu order. Hubungi Dapur Solia di 081 135 4270 atau email di dapur.solia@gmail.com.

Paiton, 8 Juli 2011

Thursday, July 7, 2011

Morning Sale for Charity ~ 26 June 2011

msfm-26
Tanggal 26 Juni 2011 aku berkesempatan ikut rame2nya "Morning Sale for Charity" FoodMonster. FM ini milis kuliner yang berbasis di Surabaya. Kalau aku baru mulai uplik2 loyang tahun 2009, para foodmonster ini sudah bikin kue sejak tahun 2007 atau bahkan sebelumnya. Tidak heran para mons ini pada jago cooking, baking dan hapal tempat2 makan enak di Surabaya.

Kembali ke acara Morning Sale. Acaranya diadakan di Taman Bungkul, tempat berkumpulnya para bikers di akhir pekan. Setelah parkir kendaraan di Darmokali, aku memasuki lokasi via Jalan Progo. Tarraaa, di depan salah satu rumah para mods dan mons sudah menggelar dagangannya. Langsung deh rame, pake acara salam-salaman, cium pipi dannnn ..... aksi berfoto bersama. Hihi, nggak pake acara malu pokoknya.
msfm-05
msfm-51
Pagi itu aku sekeluarga sarapan nasi uduk, ngemil tahu berontak dan minum es lychee. Dagangan di Morning Sale enak-enak lho. Semua penganan itu dijual dan hasilnya akan dipakai untuk mendanai baksos.
msfm-24

Ada satu kejadian lucu di pagi itu. Seorang ibu renta mengulurkan tangannya ke kerumunan kami, mengharap recehan. Akhirnya ibu itu malah kami dapuk untuk menjadi bintang tamu di sesi jepret2. Fotonya nggak bohong, kelihatan deh siapa yang jadi provokator. Jail banget ya, hehe.
msfm-10

msfm-11

msfm-12

Di acara itu aku berkesempatan bertemu dengan Mbak Emma Isti. Mbak Emma ini salah salah senior dunia kuliner dari Jakarta. Untuk yang belum pernah ketemu, hapalkan foto di bawah ini ya.
msfm-06

Selain yang happy2, ada satu insiden yang bikin jantung berdegup agak cepat. Sedang asyik2nya bercanda dan melayani para penjual, tiba2 stan FM didatangi oleh satpol PP! Disuruh pindah rupanya. Terang mods dan mons langsung beraksi memberi penjelasan bahwa kegiatan mereka di tempat itu sudah diketahui dan direstui oleh yang punya rumah. Untunglah satpol PP ini bisa menerima penjelasan.
msfm-22

Oh ya. Ini ada cuplikan foto para junior yang ikutan datang mendukung acara. Anak/ keluarganya Mbak Mae dan Monica. Anak-anak ini anteng-anteng meskipun terkena sengatan matahari pagi.
FM kids (Kolase)

Makasih sudah mengizinkan aku gabung di acara ini ya. Bisa ikutan rame dan ngintipin para petinggi kota yang mampir di stan Morning Sale. Semoga semua acara baksosnya lancar. 

Untuk foto2 lengkap, bisa cek di sini.

Paiton, 7 Juli 2011
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...