Friday, June 25, 2010

Cake "Warung Ikan Segar Pak Cip" for Yudho's Farewell

Ceritanya ini proyek perpisahan a.k.a. farewell party. Yudho teman satu bagianku resign untuk pindah ke Jakarta, hiks hiks. Beberapa teman memutuskan untuk bikin acara tumpengan kecil2an, dimakan pas jam istirahat. Biar acara makin berkesan, aku bawa hasil karya tanganku, sebuah cake dengan hiasan fondant.

Base cakenya Madeira sponge cake, rasa almond. Meski esens almond cairnya aku skip, ternyata rasa almondnya masih cukup kuat. Plus ada asinnya dari penambahan garam. Naomi doyan banget, walhasil hasil trimming yang aku masukkan wadah dia bawa pergi untuk dinikmati sendiri.

Karena sedang tidak punya buttercream, aku memutuskan untuk pakai Mercowhip (BC coklat) untuk filling sekaligus icing. Ternyata enak, nyoklat, dan fondant bisa menempel dengan baik.

Ide awalnya sebetulnya adalah poni stable dari bukunya Debby Brown. Namun setelah dipikir2, masak orang resign dikasih cake gambar kuda?? Nggak nyambung banget. Tiba2 muncul ide untuk modif cakenya menjadi bentuk warung ikan bakar segar Pak Cip, satu tempat makan yang cukup terkenal di Paiton. Kami satu tim senang makan di sana, meskipun setiap kali selesai bayar kami selalu menggerutu karena harganya yang mahal, padahal situasi warungnya super sederhana. Kok balik terus ke sana? Soalnya rasa sambalnya belum ada yang menandingi.



Balik ke urusan desain kue. Dengan penggabungan ide sana sini, akhirnya terciptalah cake "Warung Ikan Bakar Segar Pak Cip". Ini dia penampakannya.



Cake selesai dibuat pukul setengah 7 pagi, dibawa ke kantor, dibuat pajangan pukul 12 siang, dan disantap pukul 3 siang.



Sebelum ciao, yang mau resign menyempatkan diri untuk berfoto dengan cakenya. Trims buat kenang2annya ya Yud.



Good luck in your future endaevours! (st)

Paiton, 25 Juni 2010
dapur.solia@gmail.com
0811354270



Madeira Sponge Cake

Setelah agak lama absen, tiba2 aku kepingin baking lagi. Kebetulan ada teman kantor yang akan resign, jadi kupikir pas juga bawa kue untuk event itu.

Base cake dibuat berdasarkan Madeira Sponge Cake-nya Debby Brown di dalam bukunya "50 Easy Party Cakes". Karena lupa beli self raising flour bikinan pabrik, aku substitusi dengan terigu + garam + BP -- ini hasil sms-an dengan Hanna. Aku tambahi sedikit tepung maizena untuk melembutkan teksturnya. Dari beberapa pilihan rasa, aku memilih rasa almond. Asinnya garam dan gurihnya almond cocok dengan lidahku dan juga Naomi.

Dilihat dari susunan bahan dan cara pembuatan, Madeira Sponge Cake ini mirip sekali dengan pound cake. Bedanya adalah di penambahan self raising flour sehingga jumlah tepung lebi banyak. Plus, sebagian tepung dimasukkan setelah telur dicemplungkan satu per satu. Sisanya baru diaduk balik.



Tektur cake ini agak padat dan sedikit kering. Untuk yang terbiasa dengan citarasa cake empuk ala Taiwan, mungkin kurang sreg dengan Madeira Sponge Cake ini. Namun kelebihannya, cake ini mudah di-carving. Selain itu, karena dimatangkan dengan cara panggang, cake ini cukup awet meskipun tidak dimasukkan kulkas.

Bagi yang butuh resepnya Madeira Sponge Cake, aku tulis di bawah ya. (st)


MADEIRA SPONGE CAKE
Original recipe by Debby Brown,
Modified by Shirley



Bahan2:
5 buah Telur utuh
315 gram Butter / margarin
315 gram Gula kaster (=gula pasir yang butirannya kecil)
** 315 gram (= 2½ cup) Self raising flour
** 155 gram (= 1¼ cup) Tepung serba guna (Kunci Biru)
Ke-2 tepung di atas aku aku ganti dengan:
440 gram Terigu protein rendah
30 gram Tepung maizena

½ + 1/8 sdt Garam
2½ sdt Baking powder


Cara Membuat:

1) Panaskan oven pada suhu 160 °C
2) Poles loyang dengan lemak (aku pake Carlo), lapisi dengan kertas roti, poles lagi dengan Carlo, taburi dengan sedikit tepung.
Pilihan:
- 1 buah loyang bulat 20 cm --> waktu panggang 60 menit
- 2 buah loyang loaf 22 x 10 x 8 cm --> waktu panggang 60 menit
- 2 buah loyang barbie, diisi hingga 3/4 nya --> waktu panggang 90 menit
3) Ayak bahan kering
4) Kocok mentega dan gula kaster hingga pucat dan agak mengembang.
5) Masukkan telur ke dalam kocokan, satu per satu. Masukkan 1 sdm munjung terigu setelah 1 telur, kocok rata sebelum memasukkan telur / terigu berikutnya.
6) Beri perasa (lihat di bawah untuk pilihan)
7) Dengan menggunakan spatula karet, aduk balik kocokan dengan sisa tepung.
8) Masukkan adonan ke dalam loyang, ratakan.
9) Panggang hingga matang (sesuaikan waktu panggang dengan tinggi loyang)
10) Setelah matang, biarkan selama 5 menit. Keluarkan dari loyang, letakkan di atas rak kawat hingga dingin. Jika tidak langsung dipakai, cake yang sudah dingin bisa disimpan di dalam wadah kedap udara.

Pilihan Rasa:
(a) Vanila: masukkan 1 sdt vanilla extract per 6 telur
(b) Lemon: masukkan parutan kulit jeruk dan/atau jus dari 1 buah lemon per 6 telur
(c) Coklat: tambahkan 2-3 sdm bubuk coklat + 1 sdm susu per 6 telur
(d) Almond: masukkan 1 sdt esens almond cair + 2-3 sdm almond bubuk per 6 telur

Paiton, 25 Juni 2010
dapur.solia@gmail.com
0811354270



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...