Friday, May 21, 2010

Oreo Bun & Caterpillar Bread - Menggunakan Tepung K2

Pas membahas roti manis di milis, iseng aku bercerita ketika Naomi mengikuti kursus roti manis (for kids, programnya TBK Arvian) instrukturnya menggunakan tepung K2. Hasilnya enak banget, empuk dan serat rotinya halus. Padahal roti-roti itu ketika mentahnya diuwel2 oleh anak2 (pas rounding dan pemberian topping) tapi tetap bisa mengembang dengan baik.

Waktu aku coba sendiri di rumah, hasilnya nggak kalah enak. Cuman karena penampilannya coklat banget (salahku adalah memanggang roti menggunakan rak oven yang paling atas) aku jadi enggan bikin dokumentasinya. Naomi dan hubby langsung habis beberapa bulatan nggak lama setelah roti2 ini keluar dari oven. Pas aku bawa ke kantor, dalam hitungan menit roti2 ini langsung habis diserbu. Mungkin selain karena enak juga karena laper kali yee, hehe.

Nia Radin Cake menimpali kalau dia barusan ditawarin beli tepung roti (bukan panir tapi tepung protein tinggi untuk membuat roti) tapi minimum pembelian 25 kgs. Ramai2lah teman2 di Jakarta mengorder tepung roti ini. Sukses ya temans, hayuk rame2 bikin roti manis yang enak.

Sesuai janjiku, aku sharing resep roti manis yang menggunakan tepung K2. Bahan dasar rotinya sama, cuman bentuk dan toppingnya dibedakan jadi dua variasi. Sekali lagi maaf nggak ada fotonya. Maybe next time aku tambahkan. (st)

Catatan
per 7 Juli 2010: udah aku kasih fotonya ya. Maap rada nggak mulus, kesalahan pada yang bikin bukan pada tepungnya :)

OREO BUN & CATERPILLAR BREAD

:: Sumber: Kursus Arvian by Gary ::



Bahan2 roti:

1 kg Tepung terigu K2
225 gram Gula pasir
5 gram Bread improver (aku pake Baker's Bonus)
10 gram Bread emulsifier (Ibis Blue, tapi kemarin aku skip)
20 gram Ragi instan
50 gram Susu full cream bubuk
15 gram Garam
200 ml Susu cair (aku pakai Ultra)
100 gram Kuning telur (± dari 6 butir telur uk kecil)
350 ml Air es (biasanya kebanyakan)
100 gram Margarin
100 gram Butter

Bahan2 Filling & Topping:
(a) Untuk Oreo Bun
Chocolate stick couverture (aku pake Tulip)
Buttercream / coklat pasta
Oreo bubuk

(b) Untuk Caterpilar Bread
Susu evaporated (bisa diganti kocokan telur)
Tuna kaleng
Mayonaise
Abon
Coklat chip bentuk mata (bisa pake chocolate chip putih, diberi totolan DCC cair)
Ganache / DCC cair - untuk membuat garis bibir

Cara Membuat:

1) Campur adonan kering (terigu, gula pasir, bread improver, bread emulsifier, ragi instant, susu bubuk) hingga rata
2) Tambahkan susu cair, kuning telur, air es (secukupnya dulu, jangan langsung dituang semua).
3) Mixer sehingga 1/2 kalis
4) Masukan lemak dan garam
5) Mixer hingga kalis, ditandai dengan adonan sudah tercampur benar, jika diambil sedikit dan dibentangkan maka adonan akan seperti selaput / membran yang tidak putus.
6) Istirahatkan adonan sebentar saja (5 menit)
7) Potong dan bulatkan adonan
- oreo bun: 50 gram
- caterpillar bread: 25 gr x 3 buah

8) Beri isian
8a) Oreo bun
- Ambil adonan, isi dengan chocolate stick (kalau terlalu panjang 1 stick bisa dipatahkan jadi 2), bentuk bulat atau oval.
8b) Caterpillar bread
- Ambil adonan kemudian isi dengan tuna kalengan, bulatkan
- Rapatkan 3 buah bulatan
- Olesi atasnya dengan susu evaporated atau kocokan telur

9) Letakkan roti di atas loyang, biarkan mengembang sampai berukuran 2x lipat (kira2 45-60 menit, bergantung pada cuaca, suhu ruangan dan kelembaban). Proses ini disebut proofing.

10) Panaskan oven hingga stabil di suhu 180 °C. Panggang roti hingga berwarna coklat keemasan, kurang lebih 15 menit. Dinginkan di rak kawat.

11) Penyelesaian:
11a) Oreo Bun
- poles bagian atas dengan buttercream atau coklat pasta
- gulingkan ke atas oreo yang sudah dihaluskan

11b) Caterpillar Bread
- poles bagian atas roti dengan mayonaise
- taburi abon
- pasang mata
- beri garis mulut

Tips & tricks:
- Sering sekali aku mendapatkan pertanyaan 'bolehkah bread improver / bread emulsifier' diskip. Jawabnya boleh, tapi tentu saja ada konsekuensinya terhadap kelembutan serat roti.
- Bahan2 di atas boleh disubstitusi dengan bahan yang termasuk dalam kelompok bahan yang sama. Semisal terigu K2 mau diganti Cakra, butter mau diganti dengan 100% margarin, air es diganti air susu, isian tuna kalengan diganti dengan sosis, daging asap, filling coklat couverture diganti compound atau malahan diganti dengan keju parut + SKM. Yang penting diganti dengan bahan2 yang memiliki kesamaan karakteristik, yang cair diganti cair, yang padat diganti padat. Hasil akhir dan rasa akan beda, tetapi rotinya tetap jadi.
- Penggunaan air. Biasakan menyisakan 50-100 ml air, jangan langsung dituang semua. Tingkat kekeringan terigu berbeda2, semakin lembab penggunaan air juga semakin sedikit.
- Adonan harus kalis baru boleh dirounding. Jika belum kalis, dijamin adonan tidak akan mengembang, lengket dan roti akan keras.
- Menurut instrukturnya Naomi, jika kita menggunakan tepung K2 maka garam bisa langsung dimasukkan bersama2 dengan bahan kering. Di resep di atas aku tetap memisahkan garam, karena umumnya ragi tidak tahan jika dipertemukan dengan garam -- bakal mati.
- Untuk mempercepat proofing, kita bisa menggunakan proofer. Karena tidak punya proofing machine, aku mengakalinya dengan meletakkan air panas dalam loyang (seperti au bain marie) di dasar oven gasku, lalu loyang berisi roti di rak no. 1 & 2, tutup oven supaya uap air dan panas tidak lolos. Air yang aku pakai bukan mendidih (ragi mati di suhu 40 °C), hanya air panas dari water heater.




Friday, May 14, 2010

Special Agent Oso for Frida's Birthday



Cake ini sudah diangan-angan lama oleh Mbak Eni, temanku kantor. Waktu pengiriman sempat diundur karena berbarengan dengan liburan sekolah. Akhirnya diputuskan untuk merayakan ultahnya di tanggal 13 Mei.

Karakter yang diminta: Special Agent Oso. Berhubung di televisi rumah nggak pernah lihat, sibuklah aku browsing2. Contohnya cuman sedikit. Di Flickr cuman ada 2-3 contoh cake yang menggunakan tokoh ini. Ya sudah, bikin yang ala Dapur Solia saja.

Base cake dibuat dari cotton cake coklat, filling selai stroberi. Rasanya enak, tapi digarapnya agak susah karena lembut sekali. Untuk bagian atasnya aku menggunakan teknik puzzle yang disharing oleh Thata Himawan. Agak susah mengatur supaya setiap keping bisa bertemu pas dengan keping yang lain (mungkin karena pake cotton cake itu ya, seandainya pake brokus atau lapis surabaya mungkin bisa lebih mudah). Bagian samping dihias dengan buttercream.



Buat yang pengen pesan cake seperti ini, silakan hubungi Dapur Solia ya. Tokohnya boleh milih sendiri. Bakul kuenya senang kalo ditantang :))

Happy 3rd birthday, Frida!

Paiton, 14 Mei 2010

Thursday, May 6, 2010

Bolu Gulung Mini


Sewaktu kopdar di awal tahun, Yuri bawa mini roll cake yang enak banget. Usut punya usut beliau cerita kalo resep ini terinspirasi blueberry roll cakenya Bunda Inong yang dibentuk mini. Selain bentuknya jadi imut, harganya juga jadi lebih ekonomis.

Ada 2 metode mengocok adonan sponge cake, yaitu gula & telor dikocok dahulu, atau metode all-in-one, yaitu semua bahan dikocok bersamaan terkecuali lemak. Nah, resep ini menggunakan metode yang terakhir. Untuk orderan dalam jumlah banyak, jadinya praktis sekali, tinggal cemplungin semua bahan, setelah kental berpita, masukkan lemak, aduk balik sedikit, siap masuk loyang & dipanggang.

Aku bikin banyak untuk acara tasyakuran khitan tetangga kompleks. Dikemas dalam mika satuan, ditempeli stiker yang lucu, siap dijadikan tanda mata para tamu yang hadir.

Ohya, roll cake ini juga aku pake untuk base cake kue ultah. Lembutnya sama dengan sponge cake Yongky tapi lebih bandel dan nggak mudah bantat. Cuman harus di-trimming dulu karena kulitnya cenderung melembung dan bikin jelek. Menurutku sih kurang cocok dijadikan cupcake karena permukaannya kurang rata. Soal rasa, lembut banget. Enyak enyak enyak.

Thanks to alm Bunda Inong dan Yuhria Ningsih yang udah memperkenalkan aku dengan resep yang satu ini ya. Udah jadi duit lho, Bun! (st)


MINI ROLL CAKE
:: Recipe by Bunda Inong, modified by Yuri ::



Bahan2:

7 butir Kuning telur
4 butir Putih telur
80 gram Gula pasir
1 sdm Emulsifier (utk resep ini aku pake SP)
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Maizena
1 sdm Air
50 gram Terigu
1 sdt Baking powder
65 gram Butter atau margarin, lelehkan
1 sdt Pasta vanilla

Bahan isian:

Selai blueberry Paletta (aku ganti dengan selai stroberi)
Keju cheddar parut

Cara membuat:

1) Panaskan oven di suhu 200 °C. Poles loyang dengan lemak, lapisi kertas roti, beri lemak lagi dan taburi sedikit tepung
2) Campur semua bahan menjadi satu (kecuali butter & pasta vanilla), kocok sampai lembut dan kental (dgn heavy duty mixer sekitar 12-15 menit)
3) Tambahkan butter/ margarin leleh dan vanilla, aduk rata
4) Tuang ke dalam loyang
- Bunda Inong pake 1 loyang pendek 20 x 20 cm
- Yuri pake 1 loyang pendek 22 x 30 x 3 cm
- Aku pake 2 loyang pendek 30 x 10 x 3 cm (yg biasa dipakai untuk bropang)
5) Panggang dengan suhu tinggi selama 15 menit
6) Keluarkan dari oven, balik ke atas serbet bersih, gulung. Diamkan sampai bolu sudah sedikit dining, buka gulungan serbet, poles selainya, gulung lagi dengan ketat.
7) Satu resep menghasilkan 2 gulung roll cake ukuran sedang atau 6 buah mini roll cake.




Tips & trick:
- Untuk mempercantik kulit, bisa dibuat motif batik. Caranya ambil sedikit adonan, beri pasta coklat / mocca, masukkan ke dalam piping bag, gunting ujungnya, buat jalur2 diagonal di atas adonan kuning yang sudah dituang ke dalam loyang. Torehkan tusuk gigi / tusuk sate di arah diagonal sebaliknya (seperti membuat motif sarang laba2 pada cheese cake)


- Bolgul adalah sponge cake yang dipanggang dalam bentuk tipis. Untuk mendapatkan cake yang matang namun moist dan mudah digulung, gunakan panas tinggi, letakkan loyang di rak paling atas, panggang dalam waktu yang tidak terlalu lama (sekitar 15 menit). Ini berbeda dengan sponge cake biasa yang membutuhkan panas sedang (180 °C) dan waktu panggang yang lebih lama (± 35 menit)


- Untuk menggulung bolu, lakukan dalam keadaan masih panas. Jika menunggu dingin, kulit luar bolu gulung tidak bisa merenggang dan akan retak.


- Jika kulit bolu menempel di kertas roti penggulung atau serbet, itu tandanya pemanggangan kurang sempurna (kurang kering). Koreksi ini pada percobaan memanggang berikutnya.


- Selamat mencoba yaa...



Paiton, 6 Mei 2010
dapur.solia@gmail.com

Wednesday, May 5, 2010

Sakura untuk Istri Tercinta



Dapat order mendadak dari teman sekantor untuk ultah sang istri tercinta. Tadinya sang suami ingin menghadiahkan bunga namun akhirnya jadi cake yang berbunga hehe. Desain terinspirasi opera green tea dari situs ini. Hasilnya? Tentu saja nggak mirip hehehe.

Base cake dari sponge cake, permukaan cake agak bergelombang jadi harus di-trimming sedikit. Cakenya soft sekali sesuai pesanan. Cover menggunakan buttercream dengan sedikit aksen dari fondant.

Naomi berkomentar: kuenya cantik tapi kurang rame. Duh anaknya bakul kue, langsung kritisnya jalan. Mamanya menjawab: ini kan bukan kue untuk anak2 tapi mamak2. Mudah2an yang menerima setuju dengan desain minimalis ini :))




Happy birthday, Mb Dewi. Semoga panjang umur, sehat selalu dan semakin cantik. God bless you.


Paiton, 5 Mei 2010
Shirley
dapursolia.blogspot.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...