Thursday, January 21, 2010

Cinderella Cake for Alma's 8th Birthday

By the age of 7 or 8, I think children know exactly what they want for their birthday cake. My young customer Alma is an example. She specifically said that she wanted cinderella cake. Plus big letters made from chocolate or fondant for her name.



Cinderella face was made using buttercream transfer technique. Quite smooth.



Decorations: fondant and chocolate.




Happy 8th Birthday, Alma ....

Dapur Solia
For order: dapur.solia@gmail.com
HP: 0811354270

Aneka Kreasi Canape



Sepertinya sebelumnya pernah kutulis, tidak ada batasan dalam kreasi canape. Beberapa resep canape yang kubaca cukup sederhana, sehingga terkadang aku mendapat kesan canape tak ubahnya sandwich dalam bentuk mini yang lebih cantik. Ada yang punya pendapat berbeda?



Seorang teman milis memberiku resep2 canape ini. Selain cracker, roti (plain & toasted), telur, ada juga canape yang memanfaatkan waffle dan kentang yang dibelah. Karena aku berpegang pada prinsip seyogyanya canape memiliki cita rasa asin, aku mengabaikan resep yang menggunakan whipping cream. Hmm, mungkin suatu hari aku akan berubah pikiran :)



Canape dijual dalam nampan sehingga kecantikannya terekspos. Dapur Solia mengenakan minimum order 20 buah untuk canape. Semakin banyak jumlahnya, semakin banyak kreasi yang bisa diciptakan sekalipun digunakan bahan2 yang sama.



Salah satu bahan canape yang aku pelajari kali ini adalah kentang puree. Bahan2nya sangat simpel namun nikmeh, Sodara! Pada akhirnya hanya sedikit mayonaise yang terpakai karena rasa dari kentang puree ini tidak kalah enaknya.

Untuk yang berminat, ini resepnya.

CANAPE TELUR KENTANG PUREE
Recipe by: Tim Boga GPU
Modified by: Dapur Solia



Bahan2:
4 buah Telur ayam ukuran besar, rebus selama 10 menit, dinginkan lalu kupas bersih
Daun selada secukupnya

Untuk kentang puree:
250 gram Kentang, belah dua lalu kukus selama 20 menit atau hingga matang
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Mentega (aku pake Anchor)
1/5 sdt Garam (atau sesuai selera)
1/4 sdt Merica putih (atau sesuai selera)
Sedikit paprika atau daun peterseli untuk hiasan
Optional: keju parut (tanpa keju pun rasanya sudah enak)

Cara membuat:
1) Belah dua semua telur, pisahkan kuningnya di wadah terpisah
2) Potong2 kentang, blender beberapa detik. Cemplungkan mentega, garam, merica, susu bubuk, kuning telur rebus. Cicipi. Koreksi garam & mericanya supaya sesuai dengan selera. Masukkan ke plastik segitiga.
3) Letakkan putih telur rebus di cake case. Letakkan sepotong selada, semprot pure kentang ke atasnya. Hias dengan daun peterseli dan/atau paprika.

Catatan: gunakan potongan tomat jika canape langsung dikonsumsi. Jika ada tenggang waktu cukup lama antara pembuatan dan waktu menyantap, hindari penggunaan tomat karena memberi rasa kecut dan cenderung 'merusak' cita rasa bahan yang lain.

Canape cantik ini dipesan oleh Atiek untuk teman-teman di General Affairs. They must love having her as an alumni! Ini reaksi teman2 GA setelah menerima kiriman canape.




Paiton, 21 Januari 2010
By Dapur Solia
HP: 0811354270

Thursday, January 14, 2010

Ganes Had His Birthday with Ben 10 Theme

Salah satu proyek di awal tahun. Si kecil adalah anak dari rekan sekerja sekaligus tetanggaku. A handsome little boy.



Base cake aku buat menggunakan basic yellow cakenya Wilton dengan modifikasi: sebagian cairan susu aku ganti dengan krimcis gadungan (kombinasi susu cair, keju cheddar parut dan butter). Untuk ukuran 35 x 25 cm 3 layer aku bikin 5 resep (kebanyakan, next time 4 resep saja cukup). Cake ini kira2 cukup untuk memberi makan 60 orang.

Note: Karena penggunaan butter yang cukup banyak, tekstur cake agak crumbly. Mungkin next time sebagian kecil butternya disubstitusi dengan margarin biar lebih kokoh.
Cake dibuat dengan tema Ben 10. Berkat orderan ini, aku jadi sibuk membacai Wikipedia dan berbagai situs mengenai film animasi ini.

Gambar dibuat dengan BC yang diaplikasikan dengan teknik sablon. Biasanya aku pake teknik "totol" tapi kali ini nyoba pake teknik "indomie goreng". Bingung? Lihat aja hasilnya, hehe.


Yang paling susah adalah saat memberi gradasi pada bola mata dan jam misterius Omnitrix. Ohya satu lagi, aku nggak berhasil nemu kombinasi untuk warna jingga. Udah aku campur merah dan kuning, kok jadinya malah warna salem??




Paling hepi waktu mengantar cake ini lalu si kecil langsung komentar: Ben 10 ya? Wah, berarti sudah mirip hehe (ge er).

Selamat Ulang Tahun ke-4, Ganes ...

Paiton, 14 Januari 2010

Tuesday, January 12, 2010

Tiramisu with A Rose

Tiramisu ini adalah orderan dari teman milis untuk seorang sahabat lama di Surabaya. Dibuat di Paiton, dikirim ke Surabaya. Ajaibnya, baik cake maupun hiasan mawarnya tetap utuh sampai di tangan sang penerima padahal perjalanan ditempuh dalam 5 jam.



Meskipun menyalahi pakem, aku "maksa" menambahkan satu mawar dari buttercream di atasnya. Biar kelihatan rame dan nggak kosong :)



Makasih ya Cit buat orderannya. Semoga yang dikirimin suka.

Paiton, 12 Januari 2010
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...