Friday, December 25, 2009

Xmas Black Forest - Tetap Mantap Setelah 4 Jam di Luar Kulkas


Black forest ini dipesan oleh seorang teman milis untuk rekan bisnis yang tinggal di Surabaya. Karena waktunya yang cukup longgar, aku memperoleh keleluasaan untuk mencari pernak-perniknya mulai dari kotak kemasan eksklusif (beli di Arvian), coklat hias, aneka pita dan lain-lain.

Cake berangkat dari Paiton pukul 6.30 pagi. Setelah 140 km dan 4 jam perjalanan, akhirnya cake tiba dengan selamat di rumah penerimanya.


Thanks untuk orderannya ya, Irma.


Note:
Di posting sebelumnya, aku menjanjikan untuk memberi tips bagaimana membawa chilled cakes (black forest, cheese cake, tiramisu, triple chocolate cheese cake) dalam keadaan aman ke luar kota; tidak leleh dan tidak cuil. OK, ini sharingku berdasarkan pengalaman pribadi.

1) Aku lebih suka menggunakan whipcream non dairy untuk cake yang "riskan". Ada banyak whipcream non dairy yang beredar, yang paling sering aku gunakan adalah Bio Bianca dan Haan.

2) Tambahkan gelatin pada bahan whipcream. Untuk 500 gram whipcream, gunakan 50 gram gelatin bubuk yang ditim / dilarutkan di 3 sdm air panas.

3) Setelah cake selesai dipoles, dinginkan di dalam kulkas bawah paling tidak selama 3 jam supaya kokoh benar.

4) Gunakan alas kue yang pas dengan dusnya supaya cake tidak bergeser2 selama dalam perjalanan.

5) Siapkan: 1 kotak strofoam, 2 buah tempat air minum bentuk kotak yang diisi air es, 8 buah es batu yang dibuat di dalam plastik 1 kiloan, 1 buah loyang lengser untuk alas. Susun semuanya, letakkan kotak kue di dalamnya, tutup rapat. Ganjal bagian bawah kotak styrofoam dengan bantal kecil atau alas lain supaya permukaan cake tetap datar.

6) Hindarkan dari sinar matahari langsung selama perjalanan dan nyalakan AC.

7) Cake siap untuk dibawa bepergian.


Paiton, 25 Desember 2009

Canape ~ Si Kecil Yang Enak

Pernah dengar istilah canapé?

Canape adalah istilah yang digunakan untuk menamai makanan kecil, penampilannya cantik dan dekoratif, bisa dipegang dengan jari dan umumnya bisa dimakan dalam satu kali gigitan.



Canape umumnya memiliki rasa asin atau gurih. Hal ini memang disengaja supaya penikmatnya merasa haus dan kemudian mencari minuman untuk melepas dahaga. Canape termasuk golongan finger food, namun tidak semua finger food disebut canape.

Bahan dasar untuk canape bisa cracker, atau roti yang dipotong kecil (bisa tawar maupun dipanggang dulu), atau puff pastry, yang dipotong menjadi bentuk beraneka rupa. Di atasnya dioleskan mentega asin atau pasta (bisa dari bahan kentang atau lainnya). Untuk memperindah penampilan dan memperkaya rasa, ditambahkan bahan seperti daging, keju, ikan, kaviar, foie gras, puree (dari kentang atau sayuran atau apel), acar atau cacahan sayur / buah.

Mudah2an bisa lebih sering membuat snack yang satu ini. Mengerjakannya menyenangkan :))

Paiton, 25 Desember 2009



Sliced Cakes with Xmas Decoration

It's time to be joyful because the Savior was born to the world to give us Hope.



These are our creation ... delivered with heart full of love.




Merry Christmas!



Paiton, 25 December 2009
* in loving memory of Brittany Murphy


Colorful Black Forest for Lido



Pesanan tetangga untuk keponakan yang sedang berulang tahun ke-4. Black forest dihiasi dengan coklat pagar warna-warni supaya kesannya lebih cerah ceria.

Happy Birthday, Lido ...

Paiton, 25 Desember 2009

Thursday, December 24, 2009

Black Forest - The Story of The Traveling Cake


Black forest lebih nikmat jika dibuat dengan whipcream. Persoalannya whipcream tidak tahan lama di suhu ruangan dan cepat meleleh. Bagaimana mengatasinya?

Suatu siang aku mendapat telpon. Ternyata dari kastamer baru yang mengenal Dapur Solia melalui temannya. Pesanannya: black forest untuk dibawa ke Malang. Wah, deg-degan juga nih. Karena selama ini black forestku paling jauh hanya melanglang ke Probolinggo. Namun dengan percaya bahwa "di mana ada kemauan, di situ ada jalan" aku terima orderannya.

Proses pengerjaan black forestnya tidak terlalu sulit. Maklum sudah beberapa kali aku mengerjakannya. Persoalannya tinggal bagaimana meyakinkan bahwa BF ini bisa tetap utuh selama perjalanan ke Malang.

Sempat ada miskomunikasi dengan orang rumah sehingga BF dikirim hanya dengan dus kuenya saja. Kemudian hubby turun tangan dan menemukan teknik jitu dengan sebuah boks styrofoam, es balokan dari penjual es dekat rumah dan loyang lengser segiempat. Perlengkapan "perang" ini kemudian disusulkan ke kastamer.

Inilah penampilan dari cake yang dibawa ke Malang itu. Semoga kau sampai dengan selamat di tujuan ya.



Catatan: di posting berikutnya akan aku tambahkan tips dan trik untuk membawa cake yang mudah leleh ke luar kota seperti tiramisu dan triple chocolate cheese cake.

Paiton, 24 December 2009
* tonight = Christmas eve

Monday, December 14, 2009

Ultra Chocolate Cake for Beloved Wife


Ada alasannya mengapa cake ini aku namai Ultra Chocolate Cake. Soalnya emang coklat banget.
- Base cakenya sponge cake ala TCCC, diperciki simple syrup dan caramel syrup.
- Fillingnya vla coklat plus cacahan jeruk mandarin.
- Icingnya buttercream coklat.
- Hiasannya coklat kruwel 3 rasa: dark, white dan milky chocolate.
- Selembar daun bertuliskan nama yang ultah dibuat dari coklat warna hijau.



Dipersembahkan oleh sang suami untuk istri tersayang yang sudah mengarungi rumah tangga bersama selama 11 tahun. Kebetulan satu rumah semuanya hobi makan coklat, so satu cake ini habis hanya dalam satu "tarikan" saja. Wowww, waktu dengar ceritanya bakul kuenya ikut senang :))


Selamat ulang ya, Mbak. Semoga sehat selalu.

Paiton, 14 Desember 2009

Triple Chocolate Cheese Cake


Ada TCCC yang artinya triple chocolate caramel cake, ada TCCC yang merupakan singkatan dari triple chocolate cheese cake. Bedanya? Yang satu coklat dan yang satunya cheese hehehe.

Cake yang satu ini adalah triple chocolate cheese cake. Dipesan oleh salah satu pelanggan favoritku (beliau adalah pelanggan dari tahun pertama aku mulai jadi bakul kue) untuk sang suami yang berulang tahun. Kebetulan hari tersebut adalah juga hari ultah tahun perkawinan mereka. Dengan alasan itu, aku pilih foto mereka berdua untuk edible imagenya.


Selamat ulang tahun, ya. Semoga diberikan berkah panjang umur, kesehatan, kesuksesan dalam karir dan kebahagiaan di dalam rumah tangga bagi Anda berdua.




Paiton, 14 Desember 2009

TCCC for Sofie

Dari hasil rekomendasi Bu Yoza Jamal, akhirnya aku bisa berkenalan seorang ibu muda dengan 3 orang putri yang cantik-cantik. Ibu ini pernah mencicipi TCCC bikinanku dan ingin memesan cake serupa untuk ultah putri bungsunya. Sofie adalah gadis yang fotogenik dan tampak manis sekali ketika wajahnya dijadikan edible image.

Cake warna coklat gelap kadang terlihat kurang ceria saat dijadikan kue ultah anak-anak. Karena itu, aku tambahkan beberapa karakter Disney: baby Mickey, Minnie, Donalds and Pluto.


Plus beberapa cupcakes coklat sebagai ekstra. Aku suka mengerjakan cupcakes hanya sayang di Paiton ini cupcakes untuk ultah belum menjadi tren.


Aku lupa mengambil gambar saat cake besar dan cupcakes ini sudah ditata lengkap di kotak mika. Maklum, setelah dekor aku cepat2 berangkat kantor hehe.

Tak lama kemudian, muncul testi di Fb: mbak shirley...makasih...anak2 suka sampe2 nggak boleh di potong katanya sayang...rasanya ????yummy.....

Segala capek dan ngantuk langsung lenyap diganti senyum yang sumringah. Terima kasih, ya Bu. Happy Birthday, Sofie ...

Paiton, 14 Desember 2009

Merco-Wip Buttercream Coklat

Jika kita tidak sempat selalu membuat buttercream sendiri, ada baiknya kita memiliki satu kaleng buttercream coklat jadi. Di rumah aku berusaha selalu stok satu kilo BC coklat buatan Mercolade ini.


BC ini dikenal dengan nama Mercowip. Warnanya coklat pekat, teksturnya sedikit lebih runny dari Choki-choki atau Nutella. Aku mencoba membuat fotonya, sayang foto out of focus.

Menurutku sih, Merco-Wip ini praktis dan lebih mudah digunakan bila kita bandingkan dengan ganache. Warnanya pun cukup mengkilap. Lihat kerang hias di bawah ini?


Not a salesperson from Mercolade, just one happy and satisfied customer :))



Paiton, 14 Desember 2009

From Pak Vijayan to Everybody

The person who ordered these cakes has moved to another country. These two cakes were meant to be his farewell cakes.



To Pak Vijayan: happy return to KL. May God bless you in your future endeavours.

Paiton, 14 Desember 2009

Tinker Bell Cake for Kapela's 2nd B-Day

Cake ini dipesan oleh tetangga sendiri untuk putrinya yang berulang tahun ke-2. Mintanya yang kecil untuk dimakan oleh keluarga saja. Karena waktunya cukup longgar, aku buatkan edible image dengan gambar Tinker Bell.


Berhubung orang tuanya pecinta alam, jadi terpikir untuk membuat cake dengan tema alam. Jadilah kue ultah ini dilengkapi dengan pohon2, bunga, rerumputan, bukit kecil dan ..... danau. Sayang lagi nggak punya stok angsa kecil hehe. Anakku senang banget dengan suasana 'lain' dari cake ultah kali ini.


Yang paling memuaskan diriku bila membuat cake untuk anak2 adalah ekspresi mereka. Coba lihat senyuman Kapela di gambar di bawah ini. Foto aku copas dengan seizin sang ibu.



Selamat ulang tahun ke-2 ya, Sayang ....


Paiton, 14 Desember 2009

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...